Tips Menghadapi Tes CPNS



Mungkin banyak rekan yang ingin sekali masuk CPNS, apalagi sekarang ini banyak dibuka lowongan kerja CPNS, dan tidak sedikit yang mau mencoba melamar kerja jadi PNS, tetapi untuk masuk kualifikasi dibutuhkan kerja keras.

Menurut pengalaman saya, ada 5 point mutlak yang walau di perhatikan di dalam berburu pekerjaan, salah satunya : 1. optimis, janganlah cepat menyerah, 2. buat persiapan semua sesuatunya, 3. mencari kesempatan serta 4. studi serta studi terus, 5. dan yang lebih mutlak yaitu berdoa untuk. 

Mari kita bahas point-point tersebut satu persatu : 

1. Optimis,Tidak mudah menyerah

Bila anda berminat untuk memperoleh pekerjaan yang di idamkan pastinya repot dahulu yang didapat. nah, untuk urusan repot ini kita diharuskan janganlah cepat menyerah, dikarenakan banyak pengalaman rekan-rekan yang gagal karena mereka tidak ingin repot, maunya serba enak untuk memperoleh pekerjaan yang di idamkan. kan rugi waktu, pikiran serta cost keluar banyak serta nyatanya tidak sukses ?, pikir mereka yang pesimis. pikirkan bila dari awal kita telah direpotkan mempersiapkan berkas-berkas, foto copy ini itu, legalisir, menulis lamaran dan sebagainya. 

2. Buat persiapan semua sesuatunya 

Untuk menyiapkan perihal tersebut tips-nya kita mesti gunakan mata serta telinga kita untuk melacak info kapan penerimaan lowongan pekerjaan itu diawali. upayakan sekurang-kurangnya 1bulan sebelum saat lowogan pekerjaan keluar, kita telah siap dengan berkas-berkas pendukung supaya kita tidak keteteran waktu penerimaan kelak serta kita tinggal menyusun berkas dan menulis lamaran saja. umumnya yang butuh disiapkan yaitu : a. foto copy ijazah, ktp serta kartu ak. i ( kartu pencari kerja dari depnaker ), b. legalisir ijazah, kartu ak. i, dan lain-lain c. cocok foto ukuran 2x3, 3x4 serta 4x6 sebagian banyak. untuk surat info dari kepolisian serta surat info kesehatan dari dokter, umumnya dapat menyusul bila kita sudah dinyatakan lulus seleksi. 

3. Mencari peluang 

Untuk memperoleh kesempatan yang besar supaya bisa lulus, kita bisa coba banyak hal, contohnya mendaftar di dua area sekalian. bila kita sudah tahu kemungkinan kesempatan untuk lolos menurut jumlah saingan yang mendaftar, maka kita turut test di area yang memiliki kesempatan lulus sangat besar. kesempatan yang lain yakni, kita coba mendaftar di area yang mempunyai kemungkinan pesaing sangat sedikit menurut ijazah yang kita punyai. 

4. Studi serta belajar 

Untuk hadapi soal-soal yang di ujikan, kita butuh studi serius. nah menurut pengalaman saya, masalah yang kerap jadi kendala untuk kesuksesan didalam tes yaitu soal-soal psikotes, karna dari soal-soal ini bisa dipandang kekuatan atau daya berpikir calon pekerja yang dapat di terima. psikotes yaitu soal-soal logika penalaran yang cukup rumit yang bisa diterapkan untuk memecahkan masalah-persoalan rumit di dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari. mata pelajaran psikotes ini biasaya tak ada diajarkan di bangku-bangku sekolah serta kita mesti berburu buku psikotes untuk mempelajarinya. 
bahan pelajaran pendukung yang lain yakni pengetahuan umum serta ikhtisar latihan soal-soal masuk perguruan tinggi atau sejenisnya. 

5. Berdoa 

Berdoa amat mutlak di atas segala nya dimanapun serta kapanpun. nah bila pingin sukses di dalam lakukan suatu hal, janganlah lupa kita mulai dengan doa cocok dengan keyakinan serta kepercayaan yang kita punyai. janganlah tidak yakin dengan kemampuan doa, karna semua kehidupan di dunia ini ada yang mengatur. memohon pada tuhan untuk mengabulkan apa yang kita harapankan. 

Mengapa psikotes ? 
Layaknya diketahui bahwa penyedia soal-soal psikotes yang gratis amat jarang didapati di internet. di sini saya coba berikan apa yang bisa saya bikin rekan-rekan yang berminat. saya sengaja memperbanyak penjelasan pada soal-soal psikotes karena psikotest tak ada di sampaikan di sekolah-sekolah. umumnya soal-soal psikotes berbentuk : mengkalkulasi angka, deret angka, permainan kata, deret gambar, test kepribadian dan sebagainya. 


No comments:

Post a Comment