Kisah-nyata : Mengapa orang cina sukses dan kaya



Sebelum saat membaca artikel kenapa orang cina sukses serta kaya ? ini, saya pingin supaya anda membacanya dengan pikiran terbuka. cerita ini yaitu catatan dari seseorang yang bekerja di amerika. serta saya ingin catatan dari “seseorang” ini bisa berikan inspirasi dari pengalamannya pada kita.

Kenapa orang cina sukses serta kaya ?Saya seorang pribumi yang dulunya benci 1/2 mampus sama wni keturunan cina. namun sesudah hidup di amerika sepanjang 10 th. serta saat ini bekerja di di antara bank terbesar didunia berpusat di new york city, pandangan saya beralih serta tahu kenapa cina itu tidak sama dengan orang pribumi.
Serta sesungguhnya sangat banyak perihal yg kita tidak tahu perihal cina, serta perihal ini sesungguhnya mesti kita kenali serta kita pikirkan lagi, dikarenakan perihal ini yaitu suatu hal yg dapat kita gunakan untuk keperluan bangsa sendiri serta utk memajukan bangsa sendiri. bukan hanya saya katakan bahwa kita mesti beralih lantas cina, hanya bila memanglah bagus kenapa tidak ? serta memanglah ada juga perihal buruknya, namun seluruh bangsa juga punya.
Marilah saya mulai pendapat saya perihal perbandingan pada wni asli serta keturunan cina :
Perbedaan nyata

Sesudah bekerja tiga th. lebih serta punya sahabat orang bule serta orang cina dari shanghai di area kerja saya, saya lihat sangat banyak perbedaan-bedaan, salah satunya :
Duit

a ) si bule, jika gajian segera ke bar, minum-minum sampai mabuk, beli pakaian baru, beli hadiah macam-macam untuk istrinya. serta sisanya 10% di simpan di bank. segera makan-makan di restoran mahal, terlebih baru gajian.

b ) si cina, bila gajian segera disimpan di bank, terkadang di invest lagi di bank, beli saham, atau dibungain. pakaiannya itu2 saja sampai butut. saya dulu bertanya sama dia, duitnya yg disimpen ke bank dapat sampai 75%-80% dari gaji.

c ) saya sendiri. jika gajian umumnya bisa deh makan-makan sedikit, terlebih baru gajian, beli pakaian jika ada yg on-sale ( lagi di potongan harga ), beli barang-barang keperluan istri, sisanya kira2 tinggal 15-20% terus disimpen di bank.

*** umumnya di amerika, orang cina yang kerja kantoran ( sesungguhnya korea serta jepang juga ) muda-muda telah dapat naik mobil bagus serta dapat mulai beli tempat tinggal mewah. meskipun orang tuanya bukan hanya konglomerat serta bukan hanya mafia di chinatown. jadi mereka beli barang senangnya cash, bukan hanya kredit. soalnya mereka simpan duitnya betul-betul tidak dapat dikalahkan oleh bangsa lain. bila bule atau orang hitam harus ngutang sampai tau baru dapat lunas beli tempat tinggal.

Kerjaan

a ) si bule, setelah kerja ( umumnya jam kerja jam 8 pagi – 6 sore ) hari senen hingga hari jumat ( sabtu serta minggu tidak kerja ) ) ke bar atau makan-makan ngabisin gaji. bila disuruh lembur tiba-tiba, umumnya kesel-kesel sendiri di kantor. umumnya jika hari senen, si bule tampangnya kusut, soalnya tetap lama sampai hari sabtu, pikirannya weekend terus-terusan. jika hari kamis, si bule males kerja, pikirannya hari jumat terus-terusan. terus jalan-jalan gosip kiri kanan.

b ) si cina, setelah kerja segera pulang ke tempat tinggal, masak sendiri, tidak dulu makan diluar ( saya kerap ngajak dia makan, hanya tidak dulu akan, mahal tuturnya, harus simpan uang, jika jika ada hari-hari spesial ). bila disuruh lembur tidak dulu menampik, jadi kerap tawarkan diri untuk kerja lembur. bila disuruh kerja hari sabtu atau hari minggu juga tentu akan. terkadang dia jadi kerja part-time ( bukan hanya sebagai pegawai penuh ) di perusahaan lain untuk menambah uangnya.

c ) saya sendiri, bila disuruh lembur, agak malas juga terkadang dikarenakan telah punya gagasan keluar pergi makan sama teman-teman kantor. terkadang pingin sekali pulang ke tempat tinggal dikarenakan di kantor terus-terusan, hanya akan tidak mau harus kerja ( lantas kesannya terpaksa, tidak layaknya si cina yg rela ). weekend sangat malas bila harus kerja.

*** bos-bos juga umumnya senang sama orang cina bila masalah kerjaan. mereka soalnya pekerja yg giat serta tidak dulu katakan “no” sama boss. bisa kerja juga gampang bila mukanya cina, dikarenakan dilihat sebagai ”good worker “. atau pekerja giat. jarang sekali, jika penting sekali dia tidak bersedia kerja lembur. serta jikalau tidak bersedia lembur, umumnya dia akan tiba sabtu atau minggu, atau kerja lembur besoknya.

Rumah

a ) apartment si bule, wah bagus sekali. gayanya kontemporari. penuh dengan barang-barang perabotan serta furniture mahal. pokoknya gajinya tentu setelah ngurusin apartment dia.

b ) apartment si cina, wah… kacau. hanya ranjang satu, dilantai saja. meja butut, serta dua kursi butut. tv nya kecil sekali, tv kabel saja tidak punya. pokoknya sederhana sekali. waktu saya bertanya, dia katakan ”bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang lantas. ” daerahnya lalu bukan hanya didaerah mahal, tempatnya di tempat kumuh serta kurang ada yg akan tinggal.

c ) apartment saya sendiri, yah lumayan, hanya istri saya senang juga merias tempat tinggal. lantas apartment saya lumayan lah tidak layaknya punya si cina. saya betul-betul salut dia dapat hidup demikian. walau sebenarnya duitnya di bank banyak. gaji dia saja lebih tinggi dari saya dikarenakan lebih lama di perusahaan
tersebut.

*** sesudah 10 th., umumnya si bule, orang item, tetap tinggal di apartment atau baru ngutang beli tempat tinggal, si cina telah dapat beli tempat tinggal sendiri. dikarenakan nabung dengan giatnya, serta hanya beli yg penting-penting saja. lantas uangnya ditabungkan sendiri.

*** di sini saja saya dapat tengok perbedaan-bedaan nyata, saya pertama-tama pikir, wah si cina ini pelit sangat. periode uang banyak seperti demikian disimpan saja di bank. serta bila kita banding-bandingkan dengan sejarah orang-orang cina, kita dapat tahu mengapa mereka ( cina ) itu didalam long-range nya ( periode panjang nya ) semakin maju dari pribumi di indonesia, dikarenakan saya pernah bertukar pikiran dengan sebagian rekan lagi orang cina yang lain, orang india, orang arab, orang jerma n, orang amerika, serta orang cina ini sendiri. kita harus tau sejarahnya orang cina ini.
 perbandingan sejarah cina serta indonesia

Masa dulu bangsa cina yaitu bangsa yg bangga dengan bangsanya, dikarenakan kebudayaan cina yaitu di antara kebudayaan yg tertua didunia, nyaris setahaf dengan mesopotamia serta mesir. dikarenakan itu kebudayaan cina itu betul-betul melekat di sanubari nya. sulit sekali untuk melepas kebudayaan tersebut dikarenakan memanglah benar kebudayaan mereka itu hebat, terus terang, bila kita bandingankan dengan kebudayaan kita ( pribumi indonesia ) kita tidak dapat mengalahkan kebudayaan orang cina. serta memanglah kebudayaan mereka telah dianggap dunia.

Menurut di antara journal of archeology terkemuka didunia, orang melayu itu unsurnya semakin banyak mengarah ke bangsa mongol atau cina. lantas bangsa indonesia itu sesungguhnya cina, meskipun s ecara biologis serta evolusis, ada unsur-unsur dari india serta arab di darah orang pribumi. namun orang indonesia ( melayu ) itu sesungguhnya genetik nya lebih dekat ke orang cina.

Orang cina itu telah dari dulu 4000 th. hidupnya diawang kesulitan terus ( maksudnya rakyat kecilnya ). negara cina dari masa dulu, tuturnya, telah perang terus, rakyat kecil disiksa olah pemerintahnya sendiri, serta pemerintahnya berganti-ganti terus. orang cina dapat disebut di antara bangsa yang tahan banting. telah biasa menderita, serta semakin menderita, umumnya orang kan semakin nekad serta semakin berani, lantas seluruh jalur ditempuh, namanya saja akan hidup, bagaimana. ini juga berlangsung di indonesia.

Dikarenakan negaranya sendiri, cina, banyak problem, mereka imigrasi kemana-mana. mereka ada dimana-mana, rekan saya orang item dari nigeria serta ethiopia ( afrika ) katakan disana lalu ada beberapa orang cina. serta herannya. cina-cina di afrika lalu sukses serta dapat disebut tidak miskin.

Di indonesia sendiri, waktu saya tetap tinggal dijakarta, saya dapat lihat perbedaan-perbedaannya, hanya saat itu pikiran saya belum terbuka. saya dulu buka punya rekan orang cina di senen buka toko kain. di sebelahnya persis ada pak haji yg juga buka toko kain. sesudah dua th., usaha si cina semakin maju, serta si pak haji sebelah selanjutnya bangkrut. nyatanya bukan hanya dikarenakan si cina main curang atau guna-guna si pak haji. nyatanya itu dikarenakan si cina, meskipun telah untung, uangnya di simpan serta ditabung saja, untuk mengembangkan bisnisnya lagi. serta dia serta istrinya makan telor ceplok saja namun si pak haji baru untung sedikit telah makan besar di restoran dikarenakan gengsi sama keluarga nya.

Nah bukannya si pak haji ini salah ? bukannya kita dapat tengok sendiri bahwa c ina ini pikirannya semakin maju lebih lihat kedepan serta lebih tahan banting ? saya kira ini yaitu satu perihal yang dapat kita contoh dari si cina ini. barangkali kita tak perlu terlampau pelit layaknya dia, namun juga tak perlu gengsi-gengsian.

Saya telah bersua dengan beberapa orang dari negara yang berlainan serta satu perihal yang betul-betul nyata yaitu orang yang tidak bikin ketentuan menurut gengsi umumnya negaranya maju.

Cobalah saja tengok orang hong kong, orang jepang, orang inggris, orang amerika, orang jerman serta orang singapore, mereka telah maju sekali pemikirannya. tidak layaknya orang indonesia. bila ya yah telah katakan ya, bila tidak yah katakan tidak. lantas tidak tak ada yg tidak enak hati. bila telah lama tidak enak hati selanjutnya berantem.

Orang indonesia sayangnya gengsinya tinggi sekali, tidak ingin mengaku bila memanglah salah atau mesti merubah suatu hal yang buruk. inilah kelemahannya.

Di mata internasional bangsa indonesia telah populer sebagai nazi jerman versi asia tenggara. waktu perang dunia ke ii bangsa jerman tengah miskin dikarenakan mereka kalah perang dunia ke i, agar rakyat tidak marah, si hitler yg cerdik sengaja menyalahkan orang yahudi yg memanglah kaya serta menguasai ekonomi jerman. serta orang yahudi mengakibatkan dibantai serta tidak diperlakukan sebagai warga negara sendiri. walau sebenarnya mereka juga telah lama tinggal di jerman serta telah jadi sebagai bangsa sendiri, meskipun mereka tetap memegang kebudayaan mereka yg tinggi, sama layaknya cina di indonesia.

Di indonesia anehnya, pribumi benci dengan cina namun bukan hanya dengan orang belanda atau orang jepang. bila dipikir-pikir, cina itu tidak salah apa-apa. saya sebagai pribumi baru sadar dapat perihal itu.

Belanda menyiksa bangsa indonesia serta kuras harta bumi kekayaan indonesia sepanjang 350 th. serta sesudah pergi meninggalkan penyakit yg sangat bahaya serta mendarah daging, yakni korupsi, yg hingga saat ini juga menyebabkan krisis ekonomi sesudah 53 th. merdeka rupanya penyakit ini bukannya semakin terobati, namun makan menusuk serta menular ke seluruh badan serta mental bangsa indonesia.

Anehnya kita sebagai pribumi jadi benci dengan cina bukannya dengan belanda. lucu sih. seluruh bangsa lain ( korea, cina, burma, vietnam, serta afrika ) benci dengan bekas penjajahnya bukan hanya masyarakat sesama yg sudah hidup bertahun-tahun berbarengan yakni cina bila di indonesia.

Salah apa si mereka ini, tidak salah apa-apa. mengapa mereka kelihatannya buas didalam usaha, tamak, serta rakus ? mengapa ? dikarenakan mereka sepanjang tinggal di Indonesia senantiasa diperlakukan sebagai orang luar serta di anak-tirikan. cobalah pikirkan bila anda-anda lantas cina, tentu anda-anda juga akan membuat perlindungan diri sendiri, siapa yang akan tidak makan besok ? atau mati ? yah, bila demikian, mereka lantas cerdik, agak licik, mengambil peluang didalam kesempitan, jadinya sukses memegang ekonomi indonesia. namun mereka juga bekerja keras, jauh….. amat tambah lebih keras dari kita yang pribumi. bukan hanya di indonesia saja. orang cina kelihatannya ditaruh di mana saja tentu sukses serta bekerja keras.
Mereka ( Cina ) tidak menyerah pada nasib, serta senantiasa pingin jadi 2 x lipatkan taraf hidupnya, kita yg pribumi, umumnya senang dengan kesuksesan kita serta malas malasan dikarenakan jadi telah di atas angin. untuk cina-cina ini tidak berlaku, akan setinggi apa juga, tentu dapat lebih tinggi lagi.
Kita saja yang bodoh, akan dengar omongan pemerintah yang brengsek serta mengkambing hitamkan cina. dikarenakan mereka sendiri juga busuk namun takut ketahuan. lantas mereka memakai cina sebagai tameng serta kambing hitamnya.

Bagaimana akan hidup sebagai negara yg maju cobalah ? bila tidak bersatu. negara yg maju mesti dapat hidup dengan tentram satu sama lain tidak perduli dengan warna kulit, agama, serta keturunan. seluruhnya harus dianggap sebagai satu bangsa.
Contohnya amerika, akan mencari orang dari tempat mana saja ada. hanya mereka bersatu, serta mereka sadar setiap orang punya kejelekan tiap-tiap. hanya tidak digembar-gemborkan, namun dibicarakan serta dirubah. yg bagus nya di ambil, serta digunakan berbarengan untuk memajukan negara. tidak segan-segan, atau gengsi, bila gengsi-gengsi maka tak lagi maju. mesti open ( terbuka ) serta akan terima kekeliruan serta harus akan beralih.



No comments:

Post a Comment