Ikan yang bisa hidup berbulan bulan tanpa air





Penelitian ilmuwan as mengungkap, ikan tropis yang hidup di rawa-rawa nyatanya dapat bertahan hidup berbulan-bulan tanpa air. di antara type ikan tersebut yaitu mangrove rivulus ( rivulus marmoratus ) yang hidup di rawa-rawa berbakau selama benua amerika. 

Demikian musim paceklik tiba serta air berkurang, tidak jarang ikan yang cuma bisa tumbuh sampai ukuran 7, 5 cm. ini terjerat di rongga batang pohon yang dibikin serangga, tempurung kelapa, apalagi kaleng bekas. mereka hidup bergerombol didalam lubang tanah serta bernapas memakai kulitnya dari pada insangnya. 

Tidak sama dengan beberapa besar ikan yang bernapas dengan insang, mangrove rivulus bernapas dengan kulit. saat habitat mulai jadi kering, mereka bersembunyi didalam lubang-lubang tanah, apalagi tempurung kelapa atau kaleng minuman. didalam persembunyian, ikan-ikan tersebut bernapas dengan kulit serta dapat hidup berbulan-bulan tanpa air. sesudah hujan tiba serta air kembali menggenangi habitat, mereka keluar dari persembunyian serta hidup layaknya ikan biasa. 

Scott taylor, seorang peneliti dari program tanah lingkungan terancam tempat brevard di florida, as, tanpa sengaja mengetahuinya waktu lakukan penelitian di belize, amerika sedang. type ikan tropis tersebut sesungguhnya juga bisa ditemukan di brasil ataupun as. 

“kami membongkar sesuatu batang pohon serta ikan tersebut nampak tiba-tiba, ” tutur taylor. lantas hasil pengujian yang dikerjakannya di laboratorium menunjukkan ikan tersebut bertahan sampai kian lebih 66 hari tanpa air serta makanan. yang mengejutkan, sistem metabolisme tubuhnya terus berperan normal. 

Sebanyak type ikan diketahui mempunyai kekuatan bertahan hidup tanpa air serta makanan tetapi belum ada yang sepanjang ini. cobalah tengok, ikan lele yang bisa merangkak di darat hingga berjam-jam. ikan paru-paru di australia, afrika, serta amerika selatan juga bisa hidup tanpa air tetapi cuma pada periode dormansi ( puasa di musim panas ). 

Kekuatan ikan ini barangkali berikan panduan bagaimana hewan air mulai berkembang di darat. patricia wright, seorang biolog dari kampus guelph, kanada, menyebutkan habitat ikan tersebut serupa dengan situasi lingkungan jutaan th. lantas waktu hewan mulai lakukan migrasi dari air ke darat. 

Bukan sekedar tahan tanpa air, ikan mangrove rivulus juga mempunyai situasi seksual yang ganjil. tiap-tiap ikan mempunyai testis serta ovarium dengan kata lain partenogenesis hingga bisa lakukan hubungan seksual mandiri membuahi sel telurnya sendiri didalam tubuh. “ia barangkali ikan sangat mantap, bukan sekedar mempunyai seks yang ganjil namun juga tidak mempunyai kehidupan standar layaknya ikan yang lain, ” tutur taylor.

-->

No comments:

Post a Comment