Di Warung ini Kaum Dhuafa Gratis Makan



Hari Jumat waktu sinar matahari mulai menyengat, Dewi serta Isya mulai mempersiapkan makanan untuk warung Shodaqoh. Warung ini spesial fakir miskin serta golongan duafa di jalan Gedongkuning Yogyakarta.

Jam 11. 00 WIB sebagian pelanggan setia yang umumnya tukang becak, pemulung, tukang parkir, tunawisma serta yang lain telah berdatangan. Mereka antre di warung yang cuma berdiri di trotoar dengan atap terpal.

" Ini gratis mas, " kata Dewi pegawai warung Shodaqoh.

Sambil melayani berlangganan mereka, Dewi bercerita perihal warung yang cuma buka pada hari Jumat mulai jam 11. 00 WIB hingga jam 13. 00 WIB itu.

" Ini yang mempunyai ibu Yuniana Oktoviati, yang mempunyai usaha batu alam, kebetulan ibu tengah pergi ke Jakarta. Warung ini telah 1/2 th. jalan, serta gratis untuk orang yg tidak dapat, " katanya.

Dia menuturkan, bahwa awalnya warung itu di buat sesudah sang yang memiliki di inspirasi dengan suatu warung di Jawa Barat, yang memberi makanan gratis sehari-hari Jumat untuk beberapa orang tak dapat.

" Bila tidak salah ibu itu buat lantaran ada yang telah buat lebih dahulu, ibu baca di internet. Saya tidak tahu yang pasti, lantaran hanya pegawai saja disini, " tuturnya.

Tiap-tiap Jumat warung Shodaqoh sediakan 100 hingga 150 jumlah makanan. Menunya juga beragam, dari mulai telur, lele, sop, hingga ayam bertukaran di sajikan tiap-tiap Jumat.

" Kebetulan hari ini ayam, kami berdua yang masak, " katanya.

Gunawan, salah seseorang tukang becak yang mengakui sering datang ke warung Shodaqoh. Bila dihitung telah kian lebih enam kali dia datang ke warung Shodaqoh.

" Telah lebih enam kali, umumnya saya makan disini, bisa gratis, enak juga makanannya, " katanya.

Sesaat Rahmat, seseorang tunawisma juga mengakui telah sering datang ke warung Shodaqoh. Tiap-tiap Jumat dia berbarengan seseorang rekannya berniat datang ke warung Shodaqoh untuk memperoleh makanan gratis.

" Sehari-hari Jumat saya kesini, terkadang dibungkus terkadang makan di sini, " tuturnya singkat.

No comments:

Post a Comment