Disini uang 100 Miliar Cuma Dapat 3 Butir Telur



Nilai mata duit dolar Zimbabwe hancur berantakan sesudah negara itu dirundung krisis ekonomi serta hiperinflasi pada 2008 serta 2009 silam. Mata duit Zimbabwe jadi tak bernilai lantaran bank sentral Zimbabwe selalu cetak duit untuk menutupi defisit biaya yang mendalam. Mengakibatkan, USD 1 setara dengan 35. 000 triliun dolar Zimbabwe.

Duit triliunan dolar Zimbabwe sangatlah tak bernilai disana. Buktinya, duit 100 miliar dolar Zimbabwe cuma cukup untuk berikan tiga butir telur ayam, seperti diambil dari situr cavenmansircur. com.

Dengan lihat keadaan ini, negara sisi selatan benua Afrika ini kurun waktu dekat bakal meniadakan peredaran mata duit dolar Zimbabwe. Mereka bakal memakai dolar Amerika (USD0 dalam tiap-tiap transaksi. Pemerintah setempat tawarkan pada orang-orang yang memiliki duit tunai atau deposito di bank untuk menukarkan duit mereka dengan dolar Amerika (USD). Sudah pasti, nilai penukarannya yaitu USD 1 sama juga dengan 35 kuadriliun dolar Zimbabwe.

Zimbabwe jatuh dalam krisis ekonomi mendalam sesudah Presiden Robert Mugabe keluarkan kebijakan radikal masalah distribusi tempat pada akhir 1990-an serta awal 2000an. Negara ini pada akhirnya alami kekurangan bahan pokok kritis. Disamping itu, bank sentral Zimbabwe selalu cetak duit untuk membiayai defisit biaya. Pada akhirnya berlangsung kenaikan harga yang menggila di Zimbabwe. Puncaknya, harga dapat naik 2 x lipat tiap-tiap 24 jam.

Ekonom dari Cato Institute memperkirakan, inflasi bulanan Zimbabwe di 2008 meraih 7, 9 miliar %. Angka ini cuma perkiraan lantaran sampai kini tak ada angka inflasi resmi yang dikeluarkan pemerintah.

No comments:

Post a Comment