Ditemukan Planet Lain yang Sejuk Seperti Bumi



Ditemukan Planet Lain yang Sejuk Seperti Bumi (rinike) -Astronom mendapatkan tujuh planet yang mempunyai posisi paling dekat dengan sistem tata surya. tiga diantaranya diklaim dapat beri dukungan kehidupan layaknya di bumi.
Dari ketiga planet tersebut, ada planet yang sangat dapat beri dukungan kehidupan. dinamakan gliese 667c, mengorbit di dekat rasi bintang scorpius, jaraknya lebih kurang 20 tahun sinar dari bumi.

Daily mail melansir, 30 juni 2013, beberapa astronom yakin bahwa planet tersebut yaitu zona habitat yang layak untuk manusia. itu tampak dari orbitnya yang lumayan jauh dari pusat tata surya atau matahari, hingga diperkirakan mempunyai suhu sejuk, apalagi amat dingin, serta dianggap memiliki kandungan air.
Posisi gliese 667c amat dekat dengan dua planet yang lain, hingga saat malam hari, dua planet yang lain dianggap dapat terlihat layaknya bln. purnama.

Pada mulanya, menurut guillem anglada escuda, dari university of gottingen, jerman, beberapa ilmuwan tidak memperoleh tanda keberadaan planet gliese 667c dalam data-data pemantauan.
Sesudah memeriksa kembali data-data tersebut serta lakukan pemantauan baru, akhirnya positif, kami mendeteksi sinyal tanda keberadaan perihal planet itu, kata escuda.

Escuda memberikan, planet gliese 667c mempunyai ukuran lebih kecil dari bumi. namun, posisi gliese 667c yang jauh dari pusat tata surya menyebabkan sinar di planet itu jadi redup serta bercuaca dingin.

Bumi melingkari matahari dengan jarak yang dekat hingga bikin cuacanya panas. namun, gliese 667c tidak mengorbit dekat dengan matahari, cuacanya dapat lebih sejuk, tambahnya.

Perburuan planet
Sesaat itu, rory barnes, ilmuwan dari university of washington, as, menyebutkan dari tujuh planet yang ditemukan, manusia mesti segera mendapatkan planet lain mana yang betul-betul layak huni.

Walau ukuran planet gliese 667c terlampau kecil saat dilihat dari teleskop, namun planet itu mempunyai gravitasi pada planet-planet yang lain, kata barnes.

Barnes menuturkan, dengan ditemukannya gravitasi itu, maka beberapa astronom bisa mengkalkulasi jarak orbit serta massa dari planet gliese 667c.

Temuan terbaru ini telah diterbitkan oleh european southern observatory di jurnal astronomy & astrophysics.

-->

No comments:

Post a Comment