Batu Hijau Raksasa di Plaosan Banyuwangi



Waktu berlibur ke Pantai Wedi Ireng di Banyuwangi, luangkan untuk menengok air terjun Plosoan. Disana ada air terjun yang meluncur turun diatas batu raksasa berwarna kehijauan.

Jaraknya seputar 1 km dari bibir pantai. Diluar itu, panorama rimba di selama jalan menuju air terjun ini, cukup rindang serta menyejukkan.

" Air terjun ini namanya air terjun Plosoan. Lantaran batu yang dialiri air ini memiliki bentuk seperti keloso (tikar). Tingginya seputar 10 mtr.. Dengan air mengalir di atasnya, " tutur Wagiman, salah satu pemandu wisata pantai Wedi Ireng.

Yang menarik yaitu warna batu yang dialiri air berwarna hijau. Warna hijau ini bukanlah lantaran lumut. Namun memanglah warna hijau dari batu yang alami.


" Ini warnanya hijau asli. Bukanlah lumut lho. Bila lumut pasti licin. Ini asli berwarna hijau, " tutur Wagiman.

Air terjun Plosoan ini benar-benar sangat fresh. Terlebih waktu kita telah senang nikmati panasnya Pantai Wedi Ireng, nikmati segarnya air terjun ini seperti di surga.

Tetapi, perlu perjuangan untuk hingga kesana. Jalan yang dilewati memanglah tak terlampau mendaki. Tetapi medan yang susah dengan semak belukar yang menghalang sedikit banyak jadi penghalang. Diluar itu, menyebrangi anak sungai serta kayu-kayu rubuh juga hal yang menantang menuju air terjun tersebut

" Ini masih tetap belum ada yang tahu. Saya serta anak saya yang buka akses ini, " imbuhnya.

‎Sementara itu, Bryan salah satu wisatawan dari Bali mengakui takjub dengan air terjun Plosoan ini. Air yang mengalir diatas batu dengan warna hijau ini cukup alami. Dianya mengakui baru kesempatan ini lihat batu hijau yang sangatlah besar ini.

Walau lewat jalan terjal, tetapi dianya mengakui senang lihat air terjun yang menyejukkan itu.

" Ini mesti dijaga. Karena ini bila diexploitasi untuk batu akik dapat habis. Jangan sempat ini hilang lantaran keserakahan manusia, " katanya.

No comments:

Post a Comment